Tujuan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Tujuan
pembelajaran kooperatif berbeda dengan kelompok konvensional yang menerapkan
system kompetisi, dimana keberhasilan individu diorientasikan pada kegagalan
orang lain. Sedangkan tujuan dari pembelajaran kooperatif adalah menciptakan
situasi dimana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh
keberhasilan kelompoknya.
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting
yang dirangkum oleh Ibrahim, et al. (2000), yaitu:
1.
Hasil
belajar akademik
Dalam belajar kooperatif
tipe Jigsaw meskipun mencakup beragam tujuan sosial, juga memperbaiki prestasi
siswa atau tugas-tugas akademis penting lainnya. Beberapa ahli berpendapat
bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit. Para
pengembang model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan
kooperatif tipe Jigsaw telah dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar
akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar. Di samping
mengubah norma yang berhubungan dengan hasil belajar, pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw dapat memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun
kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademik.
2.
Penerimaan
terhadap perbedaan individu
Tujuan lain model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah penerimaan secara luas dari
orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, dan
ketidakmampuannya. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberi peluang bagi
siswa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dengan saling
bergantung pada tugas-tugas akademik dan melalui struktur penghargaan
kooperatif tipe Jigsaw akan belajar saling menghargai satu sama lain.
3.
Pengembangan
keterampilan sosial
Tujuan penting ketiga
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah, mengajarkan kepada siswa
keterampilan bekerja sama dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan sosial
penting dimiliki oleh siswa sebab saat ini banyak anak muda masih kurang dalam
keterampilan sosial.
Komentar