Pengertian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator



a.       Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.
b.      Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
c.       Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Komentar

Gerai Aisyah Raja mengatakan…
Mengapa kurikulum selalu dikatkan dengan kompetensi?
salmah mengatakan…
Untuk kak unknown, mengapa kurikulum selalu dikaitkan dengan kompetensi ?
Karena dinas pendidikan menyusun kurikulum sebagai acuan guru dalam merancang langkah-langakh pembelajaran. Adanya kompetensi agar guru tahu mana kompetensi yang akan diasah sehingga guru tidak bingung saat mengajar. Hal ini mendukung siswa kelak saat siswa turun ke masyarakat sesungguhnya.

Postingan populer dari blog ini

AL-QOWAIDUL KHAMSAH

SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

JINAYAH DAN HIKMAHNYA