Pengertian Perencanaan Pembelajaran
Berikut ini beberapa
pengertian tentang perencanaan pembelajaran menurut para ahli, diantaranya :
a. Menurut
Smith & Ragan, perencanaan pembelajaran adalah proses sistematis
dalam mengertikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk
bahan dan aktivitas pembelajaran. Proses sistematis dan berfikir dalam
mengartikan prinsip belajar dan pemebelajaran ke dalam rancangan untuk bahan
dan aktivitas pemebelajaran.
b. Menurut Ibrahim, perencanaan pembelajaran adalah kegiatan
merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara
apa yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi apa yang akan
disampaikan, bagaimana cara menyampaikan, serta alat atau media apa yang
diperlukan.
c. Menurut
Banghart dan Trull, perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan
materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan atau
metode pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa
satu semester yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
d. Menurut
Nana Sudjana, perencanaan pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan
tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu pembelajaran (PBM) yaitu dengan
mengkoordinasikan (mengatur dan merespon) komponen-komponen pembelajarn
sehingga arah kegiatan (tujuan), isi kegiatan (materi), cara penyampaian
kegiatan (metode dan teknik), serta bagaimana mengukurnya (evaluasi) menjadi
jelas dan sistematis.
e. Menurut
Reigeluth, perencanaan pembelajaran adalah merupakan suatu sistem
pengembangan setiap unsur pembelajaran, meliputi pengembangan tujuan, isi,
metode, dan pengembangan evaluasi. Secara prinsip memilki makna yang sama bahwa
perencanaan pembelajaran adalah suatu proses merumuskan, mengelola, dan
mengembangkan setiap unsur pembelajaran menjadi suatu sistem perencanaan
sebagai pedoman operasional pembelajaran.
Dari beberapa pengertian di atas
dapat disimpulkan bahwasanya perencanaan pembelajaran MI adalah suatu persiapan
untuk melaksanakan aktifitas pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip
pembelajaran serta melalui langkah-langkah dalam pembelajaran yang menjadi
suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi,
saling terkait, atau saling bergantung agar membentuk keseluruhan yang kompleks
sehingga menjadi kombinasi yang tersusun yang meliputi unsur-unsur manusiawi,
material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur serta evaluasi yang saling
mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan
pembelajaran di MI.
Komentar
ditunggu kunjungannya di blogg sederhana saya
http://semuapendidikankita.blogspot.co.id/