Makalah Tes Objektif



Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolok ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan yang bermanfaat untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
Untuk memperoleh informasi yang tepat dalam kegiatan evaluasi dilakukan melalui kegiatan pengukuran. Pengukuran merupakan suatu proses pemberian skor atau angka-angka terhadap suatu keadaan atau gejala berdasarkan aturan-aturan tertentu. Dengan demikian terdapat kaitan yang erat antara pengukuran (measurment) dan evaluasi (evaluation), kegiatan pengukuran merupakan dasar dalam kegiatan evaluasi. Dalam kegiatan pengukuran ini diperlukan instrumen-instrumen berupa tes, salah satu bentuk tes tersebut adalah Tes Bentuk objektif.
Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai salah satu jenis pengukuran tersebut, yaitu tes bentuk objektif yang didalamnya terdapat berbagai jenis soal yang masing-masing akan diurai secara lebih mendalam pada bab selanjutnya.
Silahkan download langsung makalah lengkapnya pada Link di bawah ini :


Makalah ini terdiri dari 21 halaman dengan berbagai sumber rujukan, yang dibahas dalam makalah ini adalah mengenai : 
1.      Pengertian tes objektif.
2.      Kebaikan dan kelemahan tes objektif.
3.      Tipe-tipe tes objektif.
4.     Syarat-syarat dalam penyusunan tes objektif.
5.      Cara pemberian skor pada tes objektif.
 

Komentar