Penyebab Runtuhnya Dinasti Umayyah



Dinasti Bani Umayah mengalami masa kemunduran, di tandai dengan melemahnya system politik dan kekuasaan karena banyak persoalan yang dihadapi para penguasa dinasti ini. Di antaranya adalah masalah politik, ekonomi, dn sebagainya.
Seperti diketahui bahwa setelah Khalifah Hisyam bin Abdul Malik, para khalifah Bani Umayah tidak ada yang dapat di andalkan untuk mengendalikan pemerintahan dan keamanan denga baik. Selain itu mereka juga tidak dapay mengatasi pemberontakan di dalam negeri secara tuntas. Bahkan mereka tidak mampu lagi menjaga keutuhan dan persatuan di kalangan keluarga Bani Umayah Sehingga sering terjadi pertikaian di dalam rumah tangga istana. Penyebabnya adalah perebutan kekuasaan. Siapa yang akan menggantikan kedudukan khalifah dan seterusnya.
Setelah sekian lama mengalami masa-masa kemunduran akhirnya dinasti umayah benar-benar mengalami kehancuran atu keruntuhan. Keruntuhan ini terjadi pada masa pemerintahan Marwan bin Muhammad setelah memerintah lebih kurang 46 tahun. (744-750 M)
Dalam peristiwa itu, salah seorang pewaris tahta kekhalifahan Umayah, yaitu Abdurrahman yang baru berusia 20 tahun, berhasil melarikan diri kedaratan Spanyol. Tokah inilah yang kemudian berhasil menyusun kembali kekuatan Bani Umayah diseberang lautan yaitu di keamiran Cordova. Disana dia berhasil mengembalikan kejayaan kekhalifahan Umayah dengan nama kekhalifahan Andalusia.
Ada juga beberapa faktor yang menyebabkan dinasti Bani Umayah lemah dan membawanya pada kehancuran. Faktor-faktor itu ialah:
1.        System penggantian khalifah melalui garis keturunan adalah sesuatu yang baru bagi tradisi Arab yang lebih menekankan aspek senioritas. Pengatutrannya tidak jelas. Ketidakjelasan system enggantian khalifah ini menyebabkan terjadinya persaingan yang tidak sehat dikalangan anggota keluarga  istana.
2.     Latar belakang terbentuknya dinasti Umayah tidak bias dipisahkan dari konflik-konflik politik yang terjadi dimasa Ali.
3.    Pada masa bani Umayah, pertentangan etnis antara suku Arabia (Bani Qays) dan Arabia selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum islam makin meruncing.
4.    Lemahnya pemerintahan daulat Bani Umayah juga disebabkan oleh sikap hidup mewah dilingkungan istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggu memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan.
5.    Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan dinasti Bani Umayah adalah munculnya kekuatan yang di pelopori oleh keturunan Al-Abbas ibn Abd Al-Muthalib.

Baca Juga :

Komentar

Marwan Hadid mengatakan…
syukron, ini sangat membantu saya