KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

                   Karya seni rupa dua dimensi adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media bisa di tangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Karya seni rupa murni sebagai keindahan karya manusia yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya saja. Karya seni rupa 2 dimensi berbentuk datar dan mempunyai panjang dan lebar. Berikut ini adalah cotoh karya seni rupa dua dimensi:

Lukisan Monalisa Karya Leonardo da Vinci

Mona Lisa adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Mona dalam bahasa Italia adalah singkatan untuk madonna yang artinya adalah "nyonyaku". Sehingga judul lukisan artinya adalah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia biasanya judul lukisan ditulis sebagai Monna Lisa (dengan n ganda).
Leonardo da Vinci lahir pada tanggal 15 April 1452. Sebenarnya ia terlahir dengan nama Leonardo di Ser Piero da Vinci, yang artinya Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Tapi kemudian ia lebih terkenal dengan nama Leonardo da Vinci saja.
Leonardo da Vinci sudah menunjukkan bakat seninya sejak masih remaja. Pada usia 14 tahun, ia belajar melukis di kota Firenze pada seorang pelukis terkenal saat itu, Andrea del Verrocchio. Selama enam tahun belajar pada Verrocchio, da Vinci juga mempelajari berbagai teknik lain dengan bahan kulit, kayu dan logam. Sehingga selain memiliki kemampuan melukis, da Vinci juga menjadi memiliki kemampuan memahat patung. Hingga akhirnya pada usia 20 tahun da Vinci memenuhi syarat untuk bergabung di Guild of Saint Luke, sebuah perserikatan bagi para pelukis di Eropa, dan membuat workshop untuk menyalurkan bakat-bakat seninya.
Selain menunjukkan bakat seni, rupanya da Vinci juga punya rasa ingin tahu yang tinggi. Salah satu hal yang menarik minatnya secara khusus adalah anatomi tubuh manusia. Ketertarikannya pada anatomi tubuh manusia ia salurkan dalam salah satu lukisannya yang terkenal sepanjang masa, Monalisa.
Lukisan ini mengundang decak kagum dari banyak orang karena menggunakan teknik melukis yang sangat tinggi dan sulit ditiru bernama sfumato, teknik yang membuat lukisan terlihat berkabut dan memiliki gradasi warna yang sangat halus. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris. Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.
Selain menyalurkan pengetahuannya tentang anatomi tubuh manusia, lukisan yang dibuat pada tahun 1506 ini juga menyalurkan ilmu da Vinci mengenai teknik pewarnaan, cahaya dan perspektif sehingga lukisan ini terlihat begitu hidup.
Sayangnya da Vinci tidak meninggalkan catatan apapun mengenai lukisan ini hingga Monalisa tetap mengundang rasa penasaran setiap orang sampai saat ini. Da Vinci menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Kapel St. Hubert, Perancis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL-QOWAIDUL KHAMSAH

SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

JINAYAH DAN HIKMAHNYA