Pengertian Teknik Korelasional (Hubungan Antar Variable)


Korelasi dalam istilah statistik menyatakan derajat hubungan linier antara dua variabel atau lebih. Hubungan yang dimaksud bukan hubungan sebab akibat (timbal balik), tetapi merupakan hubungan searah. Misalnya kemudahan pembelian motor secara kredit menyebabkan kemacetan lalu lintas jalan raya, tetapi kemacetan lalu lintas jalan raya belum tentu memberikan kemudahan pembelian motor secara kredit.
Dalam korelasi, variabel yang mempengaruhi (penyebab) disebut variabel bebas (independent variable) yang biasanya dilambangkan dengan hurup X, sedangkan variabel yang dipengaruhi (akibat) disebut variabel terikat (dependent variable) yang biasanya dilambangkan dengan hurup Y. Untuk menentukan variabel mana yang menjadi variabel terikat dan variabel bebas tergantung pada teori yang digunakan.
Berdasarkan hubungan yang terjadi antar variabel, terdapat dua arah yang mungkin terjadi yang juga menentukan sifat hubungan. Hubungan yang searah merupakan korelasi positif dan hubungan yang berlawanan arah disebut korelasi negatif.
Contoh korelasi positif, bila motivasi belajar siswa (X) meningkat, maka prestasi belajar (Y) akan meningkat. Korelasi negatif terjadi misalnya, bila kedisiplinan siswa meningkat, maka tingkat bolos siswa akan menurun.
untuk yang ingin pembahasan Lebih lengkapnya mengenai Teknik Koresional ini bisa di download di Pembahasan Lengkap Teknik Korelasional.

Komentar