Pengertian Filsafat



Lahirnya filsafat dan ilmu pengetahuan bermula dari aktifitas berfikir. Karena itu inti berfilsafar adalah berfikir atau hasil pemikiran. Namun, tidak semua aktifitas berfikir dapat disebut berfilsafat. Berfikir yang dapat disebut berflsafat adalah berfikir yang mempunyai ciri-ciri tertentu, yakni berfikir yang radikal, sistematis, dan universal. Berfilsafat adalah berfikir yang bertujuan. Tujuannya adalah memperoleh pengetahuan, yakni pengetahuan yang menyangkut kebenaran. Sehingga dengan berfilsafat manusia dapat sampai pada kebenaran.
Secara etemologis istilah "filsafat" berasal dari kata falsafah (Bahasa Arab) dan fhilosophy (Bahasa Inggris), yang berasal dari bahasa Yunani Fhilosophia. Kata Fhilosophia adalah kata majemuk yang terdiri dari dua kata, philos dan sophia. Kata philos berarti cinta (Love), dan sophia berarti kebijaksanna, kearifan, dan pengetahuan. Sehingga secara etemologis, kata filsafat berarti cinta kebijaksanaan, cinta kearifan, dan cinta pengetahuan. Secara terminologis (Istilah), terdapat banyak definisi tentang pengertian filsafat. Berikut beberapa definisi dari beberapa ahli filsafat dan filsuf.
1.        Para filsuf pra-Socrates.
Filsafat adalah ilmu yang berupaya ntuk memahami hakikat alam dan realitas yang mengandalkan akal budi.
2.        Plato
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berusaha meraih kebenaran yang asli dan murni. Ia juga menyatakan filsafat adalah penyelidikan tentang sebab-sebab dan asas-asas yang paling akhir adri segala sesuatu yang ada.
3.        Aristoteles
Filsafat adalahilmu pengetahuan yang senantiasa berupaya mencari prinsip-prinsip dan penyebeb-penyebab dari realitas yang ada.
4.        Rene descartes
Filsafat adalah himpunan dari segala pengetahuan yang pangkal penyelidikannyya adalah mengenai Tuhan, alam, dan maunusia.
5.        William James
Filsafat adalah suatu upaya yang luar biasa hebat untuk berfikir yang jelas dan terang.
6.        R.F. Beerling
Filsafat adalah mempertanyakan tentang seluruh kenyataan atau tentang hakikat, asas, prinsip dari kenyataan.
7.        Louis O. Kattsoff
Filsafat merupakan suatu analisis secara hati-hati terhadap penalaran-penalaran mengenai suatu masalah, dan penyusunan secara sengaja serta sistematis suatu sudut pandang yang menjadi dasar suatu tindakan.
8.        Harold H. Titus
a.         Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.
b.        Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yank dijunjung tinggi.
c.         filsafatAdalah usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan.
d.        Filsafat adalah analisis logis dari bahsa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian.
e.         Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli filsafat.
9.        Poedjawijatno
Filsafat adalah ilmu (tentang segala sesuatu) yang menyelidiki keterangan atau sebab yang sedalam-dalamnya.
10.    Sidi Gazalba.
Filsafat adalah sistem kebenaran tentang segala sesuatu yang dipersoalkan sebagai hasil dari berfikir secara radikal, sistematis dan universal.
11.    Lorens Bagus, mendefiniisikan filsafat :
a.     Upaya psekulatif untukmenyajikan suatu pandangan sistematik dan lengkap tentang seluruh realitas.
b.        Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar serta nyata.
c.   Upaya untuk menentukan batasan-batasan dan jangkauan pengetahuan : sumbernya, hakikatnya, keabsahannya, dan nilainya.
d.  Penyelidikan kritis atas pengandaian-pengandaian dan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.
e.        Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu manusia melihat apa yang dikatakan dan apa yang manusiia lihat.
Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa filsafat adalah proses berfikir secara radikal(mendasar, mendalam, sampai keakar-akarnya), sistematis (teratur, rruntut, logis, dan tidak serampangan) dan universal terhadap segala yang ada dan yang mungkin ada(umum, terintegral, dan tidak khusus secara parsial).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL-QOWAIDUL KHAMSAH

SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

JINAYAH DAN HIKMAHNYA