Soal Bahasa Indonesia Kelas X (30 Soal)

Penggalan soal ini untuk menjawab soal nomor  1, 2,  dan  3 !
            Saya keluyuran. Mula-mula saya mendatangi pameran lukisan, siapa tahu gadis itu tertarik melihat lukisan. Kemudian, saya pergi ke gedung bioskop yang memutar film india, siapa tahu gadis itu suka film india. Tetapi usaha saya sia-sia. Lalu, saya pergi ketoko buku, membuka-buka novel, siapa tahu gadis itu suka membaca novel. Lalu, saya berdiri dijalan raya, yang saya perkirakan gadis itu suka lewat, siapa tahu saya bisa menyapanya dan mengikutinya sampai rumahnya, juga sia-sia. Saya pun pergi naik bus kota, entah kemana, siapa tahu dalam bus kota saya menjumpai gadis berambut indah itu dan saya bisa bercakap-cakap dengannya. Saya juga pergi kelaut. Duduk di taman sore-sore. Siapa tahu Tuhan mempertemukan saya disini. Tetapi, kemana gadis itu bersembunyi?.

1.      Tokoh dalam penggalan cerpen di atas berwatak….
a.       Cerdas                              
b.      Gigih                                            
c.       Rajin
d.      Cekatan
e.       Pandai

2.      Latar tempat yang eksplisit tidak ada dalam penggalan cerpen di atas adalah…
a.       Tempat pameran lukisan  
b.      Gedung bioskop
c.       Toko buku
d.      Jalan raya
e.       Persembunyian

3.      Penggalan cerpen di atas menggunakan alur…
a.       Maju
b.      Mundur
c.       Maju dan mundur 
d.      Mundur dan maju
e.       Maju, mundur, maju

4.      Unsur yang membangun karya sastra dari dalam adalah….
a.       Intrinsik
b.      Ekstrinsik
c.       Spesifik 
d.      Intrik
e.       Makna cerita

5.      Guru  : “ Amir… Mengapa kamu dating terlambat?”
Amir  : (dengan wajah tegang dan penuh ketakutan) “ Saya ketinggalan Bus, Bu”
Guru : “ Sekali ini yang terakhir saya maafkan, jangan terlambat lagi”.

Latar petikan drama diatas adalah…
a.       Pasar
b.      Jalan
c.       Kelas 
d.      Halaman
e.       Kantin 

6.      Bacalah cerpen berikut ini!.
Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa. Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga? Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.

Topik wacana diatas dapat dikelompokkan ke dalam karangan…
a.       Deskripsi
b.      Argumentasi
c.       Berita
d.      Narasi
e.       Fakta

7.      Latar  penggalan cerpen di atas adalah di…
a.       Pasar
b.      Jalan
c.       Rumah  
d.      Perapian
e.       Depan pintu 

8.      Tokoh “aku” yang ada dalam cerpen di atas bernama….
a.       Ratih
b.      Ratna
c.       Eriza 
d.      Ayu
e.       Bowo  

9.      Disebuah kerajaan, ada seorang putri yang bernama Putri Tania. Ia sangat cantik. Sayang, sikap putri Tania tak secantik parasnya. Ia sangatlah nakal. Segala yang ia inginkan harus selalu dituruti. Putri Tania juga amat jahil. Semua pegawai istana juga pernah dijahilinya.

Paragraf di atas bercerita tentang ….
a.       Sifat-sifat putri Tania
b.      Sifat-sifat seorang putri yang jahil
c.       Sifat baik putri Tania
d.      Kegemaran Putri Tania di istana
e.       Kecantikan Putri Tania

10.  Putri Tania adalah seorang yang berkepribadian ….
a.       Ramah tamah
b.      Suka berteman
c.       Buruk
d.      Baik hati
e.       Jujur

11.  Lihat langkah-langkah berikut:

1)      Tentukan objek atau tema yang akan digambarkan

2)      Tentukan tujuan

3)      Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan

4)      Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)

5)      Menguraikan kerangka karangan menjadi gambaran yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Langkah-langkah diatas termasuk langkah untuk menyusun karangan…
a.       Deskripsi
b.      Narasi
c.       Berita   
d.      Fakta
e.       Argumentasi  

12.  Aku berdiri tepat depan kelas ku. Aku meliahat  di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. Ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar.

Paragraph di atas menggunakan alur…
a.       Maju
b.      Mundur
c.       Maju dan mundur 
d.      Mundur dan maju
e.       Maju, mundur, maju

13.  Paragraph di atas berlatar di…
a.       Sekolah
b.      Kantor
c.       Kelas  
d.      Perpustakaan
e.       Kantin

14.  Paragraf yang menggambarkan atau menuliskan suatu objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan secara terperinci disebut dengan paragraf…
a.       Narasi
b.      Argumentasi
c.       Fakta   
d.      Persuasi
e.       Deskripsi 

15.  (1) Rumah Pak Amat sungguh memprihatinkan. (2) Dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang dan berlubang di sana-sini . (3) Tidak terdapat sekat di bagian dalam rumah yang hanya berukuran tiga kali empat meter persegi tersebut. (4) Sebuah dipan bambu yang juga sudah reyot terdapat di salah satu sudut ruangan. (5) Di sudut yang lain,  terlihat beberapa peralatan dapur, seperti kompor, wajan, piring dan gelas.

Kalimat  utama paragraph di atas adalah…
a.       Rumah Pak Amat sungguh memprihatinkan
b.      Dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang dan berlubang di sana-sini

c.   Tidak terdapat sekat di bagian dalam rumah yang hanya berukuran tiga kali empat meter persegi tersebut.

d.      Sebuah dipan bambu yang juga sudah reyot terdapat di salah satu sudut ruangan.

e.     Di sudut yang lain, terlihat beberapa peralatan dapur, seperti kompor, wajan, piring dan gelas.

Untuk 15 Soal selanjutnya beserta kunci jawabannya bisa kalian dowload langsung pada link dibawah ini :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL-QOWAIDUL KHAMSAH

SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

JINAYAH DAN HIKMAHNYA