Penjelasan Surah Ar-Ra'd ayat 11



Kenikmatan yang dilimpahkan Allah kepada suatu masyarakat, bisa saja hilang dan berubah menjadi adzab apabila masyarakatnya berbuat durhaka dan maksiyat kepada Allah. Begitupun sebaliknya, keadaan yang buruk yang menimpa masyarakat akan berubah menjadi menyenangkan dan penuh nikmat apabila masyarakatnya berlaku takwa dan beramal sholeh.
Perubahan keadaan masyarakat dari positif ke negative ataupun sebaliknya tersebut sudah menjadi sunnatullah. Allah telah membuat aturan-aturan baku di alam ini, siapapun yang dapat menjalankan aturan-aturannya ini maka ia telah berhasil merengkuh sunnatullah.
Ada anggapan keliru dikalangan masyarakat, bahwa makna surat Ar Ra’d ayat 11 selalu diartikan Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka sendiri mau merubahnya, ini adalah tafsir yang keliru dan sesat, sebab yang dirubah oleh Allah dalam ayat itu adalah keadaan seseorang terkait dengan hukum sebab akibat.
Perubahan yang mesti dilakukan adalah perubahan secara individu yang dapat berdampak secara universal, karena perubahan secara bersama inilah yang dikehendaki oleh Allah terbukti dengan penggunaan kata kaum. Perubahan yang dilakukan secara bersama-sama ini akan membawa imbas yang lebih luas.
 Untuk Penjelasan Secara lengkapnya dalam bentuk makalah, bisa di download dibawah ini :

Komentar

hadi purwanto mengatakan…
terimakasih sudah upload makalahnya,. . menurut saya makalahnya sangat bagus isinya,. tapi, akan jadi sangat sempurna jika referensi yang dipakai dari buku asli bukan hanya dari web internet,
anzhe leliana mengatakan…
Iya.. sama2..
Makasih juga sarannya. Terkadang sebagian makalah memang ada yg sumbernya dr buku juga,,
all about mukhlis family mengatakan…
Makalahnya gak bisa di download