Pengertian Al-Qur'an dan Hadits
A. Pengertian Al-Qur’an dan Hadits
1)
Pengertian
Al-Qur’an
Secara
bahasa, kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja Qoro-’artinya membaca. Secara
istilah, Al-Quran adalah firman atau wahyu berbahasa Arab yang berasal dari
Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara mmalaikat jibril dan ditulis pada mushaf-mushaf yang
kemudian disampaikan secara mutawattir, membaca
dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang diawali dengan surat
al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Naas.
Dalam Al-Qur'an
sendiri terdapat beberapa ayat yang menyertakan nama lain yang digunakan untuk
merujuk kepada Al-Qur'an diantaranya, Al-Kitab, Al-Furqan (pembeda benar
salah), Adz-Dzikr (pemberi peringatan), Al-Mau'idhah (pelajaran/nasihat), Al-Hukm
(peraturan/hukum), Al-Hikmah (kebijaksanaan), Asy-Syifa' (obat/penyembuh),
Al-Huda (petunjuk), At-Tanzil (yang diturunkan), Ar-Rahmat (karunia), Ar-Ruh
(ruh), Al-Bayan (penerang), Al-Kalam (ucapan/firman), Al-Busyra (kabar
gembira), An-Nur (cahaya), Al-Basha'ir (pedoman), Al-Balagh
(penyampaian/kabar), dan Al-Qaul (perkataan/ucapan).
2)
Pengertian
Hadits
Secara
bahasa, kata hadits berarti “perkataan atau percakapan”. Sedangkan secara
istilah, hadits adalah “segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad
SAW baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapannya (taqrir)”. Sinonim dari
kada hadits adalalah adalah sunnah.
Secara struktur hadits terdiri atas dua komponen utama yakni
sanad/isnad (rantai perawi) dan matan (redaksi). Sanad adalah suatu riwayat
yang terdiri atas seluruh penutur mulai dari orang yang mencatat hadits
tersebut dalam bukunya (kitab hadits) hingga mencapai Rasulullah. Sedangkan
matan adalah redaksi atau isi dari hadits.
B. Nilai Penting Al-Qur’an dan Hadits Sebagai
Pedoman Hidup Siswa MI
Didalam
dunia pendidikan, Al-Qur’an dan Hadits adalah bagian dari mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah
merupakan lembaga formal pendidikan yang proses pembelajarannya berdasarkan
nilai-nilai agama Islam.
Dengan
adanya pemberian pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits kepada siswa MI, maka
diharapkan dapat memberikan satu pemahaman tentang agama Islam kepada siswa
sejak dini. Adapun pemahaman tersebut diantaranya:
1)
Belajar
untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT
2)
Belajar
untuk memahami dan menghayati Al-Qur’an dan Hadits
3)
Menumbuhkembangkan
kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadits
4)
Belajar
untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif apa yang terkandung dalam
Al-Qur’an dan Hadits
5)
Belajar
untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain sesuai tuntunan Al-Qur’an dan
Hadits
Dengan
demikian, dapat diketahui bahwasanya peran pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits
bagi siswa di MI begitu penting, sebab secara substansial mata pelajaran Al-Qur’an
dan Hadits memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mencintai kitab sucinya, membantu mempelajari dan mempraktikkan
nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber utama
ajaran Islam, dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan
sehari-hari.
Selengkapnya download di Pengertian Al-Qur'an dan Hadits . Semoga Bermanfaat!!
Komentar
Bagus untuk referensi ini.