Soal Bahasa Indonesia Kelas X (30 Soal)
Penggalan soal ini
untuk menjawab soal nomor 1, 2, dan 3
!
Untuk 15 Soal selanjutnya beserta kunci jawabannya bisa kalian dowload langsung pada link dibawah ini :
Saya
keluyuran. Mula-mula saya mendatangi pameran lukisan, siapa tahu gadis itu
tertarik melihat lukisan. Kemudian, saya pergi ke gedung bioskop yang memutar
film india, siapa tahu gadis itu suka film india. Tetapi usaha saya sia-sia.
Lalu, saya pergi ketoko buku, membuka-buka novel, siapa tahu gadis itu suka
membaca novel. Lalu, saya berdiri dijalan raya, yang saya perkirakan gadis itu
suka lewat, siapa tahu saya bisa menyapanya dan mengikutinya sampai rumahnya,
juga sia-sia. Saya pun pergi naik bus kota, entah kemana, siapa tahu dalam bus
kota saya menjumpai gadis berambut indah itu dan saya bisa bercakap-cakap
dengannya. Saya juga pergi kelaut. Duduk di taman sore-sore. Siapa tahu Tuhan
mempertemukan saya disini. Tetapi, kemana gadis itu bersembunyi?.
1.
Tokoh
dalam penggalan cerpen di atas berwatak….
a.
Cerdas
b.
Gigih
c.
Rajin
|
d.
Cekatan
e.
Pandai
|
2.
Latar
tempat yang eksplisit tidak ada dalam penggalan cerpen di atas adalah…
a.
Tempat
pameran lukisan
b.
Gedung
bioskop
c.
Toko
buku
|
d.
Jalan
raya
e.
Persembunyian
|
3.
Penggalan
cerpen di atas menggunakan alur…
a.
Maju
b.
Mundur
c.
Maju dan
mundur
|
d.
Mundur
dan maju
e.
Maju,
mundur, maju
|
4.
Unsur yang
membangun karya sastra dari dalam adalah….
a.
Intrinsik
b.
Ekstrinsik
c.
Spesifik
|
d.
Intrik
e.
Makna
cerita
|
5.
Guru : “ Amir… Mengapa kamu dating terlambat?”
Amir : (dengan wajah tegang dan penuh ketakutan) “
Saya ketinggalan Bus, Bu”
Guru : “ Sekali ini yang terakhir saya maafkan,
jangan terlambat lagi”.
Latar
petikan drama diatas adalah…
a.
Pasar
b.
Jalan
c.
Kelas
|
d.
Halaman
e.
Kantin
|
6.
Bacalah cerpen berikut ini!.
Aku
tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat
tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi
rasa dingin yang terasa begitu menyiksa. Wangi kayu cadar yang terbakar di
perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan
kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku,
akankah kurindui juga? Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan
untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah hati kecilku, jangan biarkan hatimu
terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap
cintanya.
Topik
wacana diatas dapat dikelompokkan ke dalam karangan…
a.
Deskripsi
b.
Argumentasi
c.
Berita
|
d.
Narasi
e.
Fakta
|
7. Latar penggalan cerpen di atas adalah di…
a.
Pasar
b.
Jalan
c.
Rumah
|
d.
Perapian
e.
Depan
pintu
|
8. Tokoh “aku” yang ada
dalam cerpen di atas bernama….
a.
Ratih
b.
Ratna
c.
Eriza
|
d.
Ayu
e.
Bowo
|
9.
Disebuah kerajaan, ada seorang putri
yang bernama Putri Tania. Ia sangat cantik. Sayang, sikap putri Tania tak
secantik parasnya. Ia sangatlah nakal. Segala yang ia inginkan harus selalu
dituruti. Putri Tania juga amat jahil. Semua pegawai istana juga pernah
dijahilinya.
Paragraf
di atas bercerita tentang ….
a.
Sifat-sifat
putri Tania
b.
Sifat-sifat
seorang putri yang jahil
c.
Sifat
baik putri Tania
|
d.
Kegemaran
Putri Tania di istana
e.
Kecantikan
Putri Tania
|
10.
Putri
Tania adalah seorang yang berkepribadian ….
a.
Ramah tamah
b.
Suka
berteman
c.
Buruk
|
d.
Baik
hati
e.
Jujur
|
11. Lihat langkah-langkah
berikut:
1) Tentukan objek atau
tema yang akan digambarkan
2) Tentukan tujuan
3) Mengumpulkan data
dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
4) Menyusun data
tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
5) Menguraikan kerangka
karangan menjadi gambaran yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Langkah-langkah
diatas termasuk langkah untuk menyusun karangan…
a.
Deskripsi
b.
Narasi
c.
Berita
|
d.
Fakta
e.
Argumentasi
|
12. Aku berdiri tepat depan kelas ku. Aku
meliahat di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di
atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat
dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak
sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada
hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. Ada dua papan
tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai
membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku,
jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar.
Paragraph di atas
menggunakan alur…
a.
Maju
b.
Mundur
c.
Maju dan
mundur
|
d.
Mundur
dan maju
e.
Maju,
mundur, maju
|
13. Paragraph di atas berlatar di…
a.
Sekolah
b.
Kantor
c.
Kelas
|
d.
Perpustakaan
e.
Kantin
|
14. Paragraf yang
menggambarkan atau menuliskan suatu objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan
keadaan secara terperinci disebut dengan paragraf…
a.
Narasi
b.
Argumentasi
c.
Fakta
|
d.
Persuasi
e.
Deskripsi
|
15. (1) Rumah Pak Amat sungguh memprihatinkan.
(2) Dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang dan berlubang
di sana-sini . (3) Tidak terdapat sekat di bagian dalam rumah yang hanya
berukuran tiga kali empat meter persegi tersebut. (4) Sebuah dipan bambu yang
juga sudah reyot terdapat di salah satu sudut ruangan. (5) Di sudut yang lain,
terlihat beberapa peralatan dapur, seperti kompor, wajan, piring dan
gelas.
Kalimat utama paragraph di atas adalah…
a.
Rumah
Pak Amat sungguh memprihatinkan
b.
Dinding
rumahnya terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang dan berlubang di sana-sini
c. Tidak
terdapat sekat di bagian dalam rumah yang hanya berukuran tiga kali empat meter
persegi tersebut.
d.
Sebuah
dipan bambu yang juga sudah reyot terdapat di salah satu sudut ruangan.
e. Di
sudut yang lain, terlihat beberapa peralatan dapur, seperti kompor, wajan,
piring dan gelas.
Komentar