Tujuan dan Fungsi Bimbingan dan Konseling
a. TUJUAN AKADEMIK
Tujuan bimbingan di
bidang akademik adalah agar dapat mengatasi masalah kegiatan belajar di dalam
atau luar sekolah; meliputi bimbingan cara belajar (kelompok atau individual),
merencanakan waktu dan kegiatan belajar, kesulitan dalam mata pelajaran
tertentu, dan hal yang berkaitan dengan cara, proses, prosedur dalam belajar.
b.
TUJUAN
SECARA SOSIAL
Tujuan bimbingan di
bidang sosial adalah agar siswa mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan
kelompok, sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif. Menurut Abu
Ahmadi bimbingan sosial dimaksudkan untuk memperoleh kelompok belajar dan
bermain, persahabatan dan kelompok sosial yang sesuai dan yang akan membantu
dalam menyelesaikan masalah tertentu.
c.
TUJUAN
SECARA PSIKOLOGIS
Tujuan bimbingan secara
psikologis adalah bimbingan yang berkaitan dengan masalah pribadi. Beberapa
masalah pribadi menimbulkan konflik, misalnya antara intelektual dan emosi, bakat
dan aspirasi lingkungan, antar kehendak, antar situasi. Menurut Downing,
layanan bimbingan pribadi bermanfaat terutama dalam membantu menciptakan
hubungan sosial yang menyenangkan, menstimulasi siswa meningkatkan partisipasi,
mewujudkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, meninggalkan motivasi
belajar dan menstimulasi tumbuhnya minat bakatnya.
Fungsi-fungsi
bimbingan dan konseling sebagai berikut:
a.
FUNGSI PENCEGAHAN (PREVENTIF)
Fungsi pencegahan artinya merupakan usaha pencegahan
terhadap timbulnya masalah. Dalam fungsi pencegahan ini layanan yang diberikan
berupa bantuan bagi para siswa agar terhindar dari berbagai masalah yang dapat
menghambat perkembangannya. Kegiatan yang berfungsi pencegahan dapat berupa
program orientasi, program bimbingan karier, inventarisasi data, dan
sebagainya.
b.
FUNGSI PEMAHAMAN
Pemahaman tentang lingkungan
siswa (termasuk di dalam lingkungan keluarga dan sekolah) terutama oleh siswa
sendiri, orangtua, guru, dan guru pembimbing.
Fungsi pemahaman yaitu fungsi Bimbingan dan Konseling yang
akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai
dengan keperluan pengembangan siswa pemahaman ini mencakup : 1) Pemahaman tentang diri siswa,
terutama oleh siswa sendiri, orangtua, guru, dan guru pembimbing 2) Pemahaman tentang lingkungan
siswa (termasuk di dalam lingkungan keluarga dan sekolah) terutama oleh siswa
sendiri, orangtua, guru, dan guru pembimbing. 3) Pemahaman tentang lingkungan
yang lebih luas (terutama di dalamnya informasi pendidikan, jabatan/pekerjaan
dan/atau karier dan informasi budaya/nilai-nilai terutama oleh siswa.
c.
FUNGSI PERBAIKAN
Walaupun fungsi pencegahan dan pemahaman telah dilakukan,
namun mungkin saja siswa masih menghadapi masalah-masalah tertentu. Disinilah
fungsi perbaikan itu berperan, yaitu fungsi Bimbingan dan Konseling yang akan
menghasilkan terpecahnya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami
siswa.
d.
FUNGSI PEMELIHARAAN DAN
PENGEMBANGAN
Fungsi ini berarti bahwa layanan Bimbingan dan Konseling
yang diberikan dapat membantu para siswa dalam memelihara dan mengembangkan
keseluruhan pribadinya secara mantap, terarah, dan berkelanjutan. Dalam fungsi
ini hal-hal yang dipandang positif agar tetap baik dan mantap. Dengan demikian,
siswa dapat memelihara dan mengembangkan berbagai potensi dan kondisi yang
positif dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
e.
FUNGSI PENYALURAN
Fungsi penyaluran yaitu fungsi bimbingan dalam membantu
siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler, jurusan atau program studi, dan
memantapkan penguasaan karir atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat,
keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Dalam melaksanakan fungsi ini,
konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di dalam maupun di luar
lembaga pendidikan.
f.
FUNGSI ADAPTASI
Fungsi Adaptasi yaitu fungsi membantu para pelaksana
pendidikan, kepala Sekolah/Madrasah dan staf, konselor, dan guru
untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan,
minat, kemampuan, dan kebutuhan siswa (siswa). Dengan menggunakan informasi
yang memadai mengenai siswa, pembimbing/konselor dapat membantu para guru dalam
memperlakukan siswa secara tepat, baik dalam memilih dan menyusun materi
Sekolah/Madrasah, memilih metode dan proses pembelajaran, maupun menyusun bahan
pelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatan siswa.
g.
FUNGSI PENYESUAIAN
Fungsi penyesuaian yaitu fungsi bimbingan dalam membantu
siswa (siswa) agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara
dinamis dan konstruktif.
- Macam-Macam Layanan Bimbingan dan Konseling
- Petugas Bimbingan dan Konseling
- Latar belakang Perlunya Bimbingan dan Konseling
- Persamaan dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
Komentar