SENAM

A.      Pengertian Senam
Senam berasal dari bahasa Inggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata “gymnos” . Gymnos berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Tempat melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium” atau “Gymnasion”. Senam merupakan suatu cabang olah raga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.
Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa peralatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.         
Menurut Menke G. Frank dalam Encyclopedia of Sport, as Bannes and Company, New York, 1960, senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas/banyak atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot tubuh seperti : pergelangan tangan, punggung, lengan dan lain sebagainya. Senam atau latihan tersebut termasuk juga : unsur-unsur jungkir balik, lompatan, memanjat dan keseimbangan.
Sedang Drs. Imam Hidayat dalam bukunya, STO Bandung, Maret 1970 menyatakan, “Senam ialah latihan tubuh yang diciptakan dengan sengaja, disusun secara sistematik dan dilakukan secara sadar dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis”.
Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani.
Kaidah senam antara lain adalah bahwa gerakan latihannya selalu dapat direncanakan, dipilih dan siapkan oleh guru, pelatih bahkan pelaku sendiri. Gerakan latihan terpilih itu disusun secara sistematis (merupakan suatu kebulatan latihan). Dan penyusunan pemilihan gerakan itu harus sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhan sipelaku.
Dengan melihat cirri-ciri dan kaidah-kaidah tersebut, maka batasan mengenai senam dapat dirumukan sebagai berikut : “Senam adalah latihan / olagraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun”.

B.       Sejarah Senam
Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Pada zaman itu senam dilakukan dalam rangka upacara  kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus. Para ahli berpendapat bahwa berdasarkan penemuan-penemuan pada peninggalan bangsa mesir kuno yang terdapat dalam piramida-piramida, senam telah menjadi kebudayaan penduduk. Dalam hal ini dapat dilihat pada tulisan-tulisan, gambar-gambar, relief dan mosaics. Bangsa mesir menggemari perlombaan senam, latihannya banyak berbentuk senam lantai seperti tubling. Ada pula latihan berbentuk yoga.
Orang yunani saat itu membentuk tujuan pendidikannya ialah keutamaan individu. Yunani memusatkan latihannya kepada keterampilan dan kualitas keprajuritan. Mereka menyukai pertandingan beregu maupun perorangan yang secara langsung terasa pengaruhnya hingga sekarang. Senam pada masa itu bersifat informal dan sebagian besar kegiatan tersebut berhubungan erat dengan upacara keagamaan.

C.      Sejarah Senam di Indonesia
Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda yaitu pada tahun 1912. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.
Senam yang pertama kali ditetapkan dalam pelajaran wajib di sekolah-sekolah pada waktu itu adalah senam sistem Jerman. Lalu pada tahun 1916 sistem itu digantikan oleh sistem Swedia (yang menekankan pada manfaat gerak), yang diperkenalkan oleh perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda, bernama Dr. H. F. Minkema.
Sekolah pertama yang berhubungan dengan senam didirikan di Bandung pada tahun 1922. Mereka yang lulus disekolah tersebut selanjutnya menjadi instruktur senam Swedia di sekolah-sekolah. MGSS (Militaire Gymnastiek en Sporschool) kemudian membuka cabang di Bogor, Malang, Surakarta, Medan dan Probolinggo.
Pada tahun 1942, Jepang masuk ke Indonsia dan mengganti bentuk senam barat dengan “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi (berbentuk kalestenik) yang harus dilaksanakan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran dimulai, dengan iringan radio yang disiarkan secara serentak. Sebelum dan sesudahnya, murid-murid diharuskan memberi hormat kepada kaisar Jepang, Caranya, dengan aba-aba yang dikumandangkan yang berbunyi “sei kei rei,” semua murid harus membungkuk dalam-dalam menghadap utara (Tokyo) di mana kaisar Tenno Heika bersemayam. Pada jaman kemerdekaan senam yang diwajibkan Jepang ditentang di mana-mana. Dengan penolakan ini, senam terdahulu akhirnya dipakai kembali di sekolah-sekolah.
Peristiwa penting dalam olahraga senam terjadi pada tahun 60-an. Yaitu didirikannya induk organisasi senam Indonesia pada 14 Juli 1963 yang disebut PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Ketua pertama adalah Bapak R. Suhadi. Peristiwa penting kedua terjadi pada tahun 1964, yaitu ketika senam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam GANEFO (Games of the New Emerging Forces). Ganefo adalah produk pemikiran politik Soekarno untuk menggalang kekuatan negara-negara baru di percaturan international, serta sebagai balasan atas tindakan IOC yang memecat Indonesia dari keanggotaannya. Negara yang berpartisipasi pada cabang senam tersebut adalah Cina, Rusia, Korea, Mesir, dan tuan rumah Indonesia. Adapun cabang senam yang dipertandingkan adalah senam artistik.
Itulah tonggak awal perkembangan senam di Indonesia hingga sekarang. Dari peristiwa Ganefo itulah senam artistik mulai dikenal luas di Indonesia, sehingga pada tahun 1969, senam dipertandingkan untuk pertama kalinya di PON VII di Surabaya. Namun demikian, karena kekhususan alat serta minimnya sumber daya manusia yang terlibat, perkembangan cabang olahraga senam di Indonesia seolah berjalan lamban.
  

D.    Ciri-Ciri Senam

Ciri~ciri senam diantaranya adalah:

a)    Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja

b) Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu misalnya meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan,meningkatkan keindahan gerak, serta meningkatkan kesehatan tubuh)
c)    Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis
Berdasarkan ciri~ciri diatas, dapat dipahami bahwa senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan potensi pribadi secara harmonis.
 
E.       Macam-macam Senam
Berikut ini adalah beberapa jenis senam, antara lain :
1.      Senam Lantai
         Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsure-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.
        Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12x12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi musik dalam waktu 90 detik. Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.
2.      Senam Artistik
       Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana senam artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Peralatan Senam Artistik untuk putra ada 6 alat, yaitu : floor exercise (lantai) ukuran 12x12 m. Pommel horse (kuda-kuda pelana) panjang 1.60 m dan tinggi 1.10 m. Parallelbar (palang sejajar) panjang 3.50 m, jarak 0.48 s/d 0.52 m, tinggi 1.75 m. Rings (gelang-gelang) tinggi 2.55 m dan jarak 0.50 m. Horse vault (kuda-kuda lompat) panjang 1.60 m dan tinggi 1.35 m. Dan horizontal bar (palang tunggal) panjang 2.40 m dan tinggi 2.25 m.
       Peralatan Senam Artistik untuk putri ada 4 alat, yaitu: Horse vault (kuda-kuda lompat) panjang 1.60 dan tinggi 1.20 m. Univen bars (palang bertingkat) panjang 2.40 m, tinggi palang bawah 1.50 m, dan tinggi palang atas 2.30 m. Balance beam (balok keseimbangan) panjang 5.00 m dan tinggi 1.20 m. Dan floor exersice (lantai) ukuran 12x12 m.
Peraturan Umum Senam Artistik
  •  Kejuaraan Beregu (kompetisi I)
  1.  Setiap regu terdiri dari 6 pesenam putra / putri
  2. Terdiri dari rangkaian wajib dan rangkaian pilihan, pada putra 6 alat, putri 4 alat.
  3. Juara beregu (kompetisi I)adalah regu dengan jumlah nilai terbanyak dari jumlah 5 pesenam terbaik pada masing-masing alat untuk rangkaian wajib dan rangkaian pilihan.
  •  Kejuaraan perorangan serba bisa ( kompetisi II )
  1.  Peserta finalis diambil dari 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I, atau 1/3 dari jumlah peserta.
  2. Dibatasi 3 pesenam dari tiap Negara / daerah
  3. Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putri 4 alat
  4. Juara perorangan serba bisa (kompetisi II) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan), ditambah dengan nilai kompetisi II pada seluruh alat.
  • Kejuaraan perorangan per alat (kompetisi III)
  1. Peserta finalis diambil dari dari 8 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I pada alat tersebut
  2. Dibatasi 2 pesenam dari tiap Negara/daerah dan hanya 3 alat yang boleh diikuti oleh seorang pesenam
  3. Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putri 4 alat
  4. Juara perorangan per alat (kompetisi III) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata – rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan) ditambah dengan nilai kompetisi III pada masing – masing alat.
3.      Senam Aerobik / irama 
           Aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Senam Aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal. Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring, yaitu:
  1.  High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras)
  2. Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan)
  3. Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko) 
  4.  Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’ roll) 
  5. Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik / kelentukan)
Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah pemanasan selama 10 menit, Latihan inti selama 15 – 20 menit, dan pendinginan/pelemasan selama 5 menit
 
4.      Senam Kesegaran Jasmani (SKJ)
          Senam Kesegaran Jasmani adalah senam masal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam ini biasanya diiringi oleh lagu berirama dari berbagai propinsi yang diaransemen ulang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok peserta besar. Senam ini beserta musik yang mengiringinya sangat populer di tahun 80-an dan 90-an. Senam Kesegaran Jasmani diperkenalkan pada awal 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora untuk diajarkan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Daftar Senam Kesegaran Jasmani Indonesia Serta Pengembangannya adalah:
  1.  SKJ '84 dengan lagu diaransemen oleh Nortier Simanungkalit 
  2. SKJ '88 dengan lagu diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi sekitar 5 menit.
  3. SKJ '93 dengan lagu diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi Pemanasan, Inti, dimulai dari lagu: Yamko Rambe Yamko (Papua), Jali Jali (Jakarta), Tanduk Majeng (Jawa Timur), Cing Cangkeling (Jawa Barat), Rasa Sayange (Maluku), dan Paris Barantai (Kalimantan Selatan) 
  4. SKJ '94 sama dengan SKJ 93, hanya diberi hitungan.
  5. SKJ Usia SD '96 Diaransemen oleh FX Sutopo, berisi Pemanasan, Inti, Pendinginan dan Pelemasan) durasi sekitar 10 menit. 
  6. Senam Sajojo dengan lagu Sajojo dari Papua. 
  7.  Senam Poco – Poco dengan lagu pengiring Poco-Poco dari Sulawesi Utara. 
  8. Senam Kubro Siswo diiringi dengan lagu dan gerakan dari hasil penyerapan tarian adat Jawa yaitu tari Kubro Siswo. Musik identik dengan beduk, terompet, dan gamelan. 
  9. Senam Lansia, biasanya diikuti oleh peserta yang sudah lanjut usia atau tidak memiliki kemampuan fisik normal dan sehat seperti anak muda
Dan bagi yang dapet tugas sekolah cari info tentang senam, tapi pengen agak beda dari teman-teman yang lain meski cari tugasnya sama-sama, ini udah aku siapin 5 file tentang senam yang isinya beda, jadi ga' ketahuan guru klo kerjain tugasnya sama-sama, hehehe...
  1.  Download tentang senam Part I
  2. Download tentang senam Part II
  3. Download tentang senam Part III
  4. Download tentang senam Part IV
  5. Download tentang senam Part V
Semoga bermanfaat!!! 

    Komentar

    Unknown mengatakan…
    waw, bisa bantu tugas ane ni kak, sekalian info donk kak tentang pakaian olahraga adidas
    Unknown mengatakan…
    Tetimakasih infonya sangat bermanfaat...
    dan untuk Tren baju senam terbaru di jakarta saat ini seperti apa ya...
    anzhe leliana mengatakan…
    maaf ya Lala, berhubung saya tidak tinggal tinggal di Jakarta, jadi ga' bisa kasih info nih tentang baju yg sekarang trend disana...
    anzhe leliana mengatakan…
    Alhamdulillah klo bisa bantu,, waktu ka browsing nyari info pakaian olahraga Adidas banyak ko' infox di google.. salah satunya coba kamu cari di http://www.lazada.co.id/sepatu-dan-pakaian-olahraga/adidas/ ada banyak jenisx...

    Postingan populer dari blog ini

    AL-QOWAIDUL KHAMSAH

    SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

    JINAYAH DAN HIKMAHNYA