Manfaat dan Khasiat Kumis kucing

Kumis Kucing atau tumbuhan yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus adalah tanaman obat asli yang berasal dari Indonesia, Kumis Kucing merupakan tumbuhan yang masih termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura) dan lain sebagainya. Namun masyarakat lebih akrab menyebutnya dengan tumbuhan kumis kucing
Kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:
  1. Untuk mengobati kencing batu dan diabetes militus adalah dengan merebus daun kumis kucing satu genggam dengan air dua gelas hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan ini sehari satu gelas sebelum tidur malam. 
  2. Untuk memperlancar pengeluaran air kemih adalah dengan merebus daun kumis kucing 30 gram, akar alang-alang 30 gram, meniran 30 gram dan air sebanyak tiga gelas. Semua dicuci sampai bersih, kemudian rebus dan tunggu sampai mendidih, sampai tersisa kira-kira 1.5 gelas air. Kemudian ramuan tersebut diminum 3x sehari sebanyak setengah gelas. 
  3. Untuk mengobati batu ginjal adalah dengan merebus daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram. Semua bahan direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. Atau bisa juga dengan cara merebus daun kumis kucing 3 genggam dan daun keji beling dicuci 5 helai. Kedua bahan tadi direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, dan tambahkan sedikit gula. Diminum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. 
  4. Untuk mengobati masuk angin adalah dengan merebus daun kumis kucing sebanyak satu sendok. Rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, diamkan hingga air rebusan tinggal setengah gelas saja. Minumlah air rebusan setelah dingin sekaligus. 
  5. Untuk mengobati sakit pinggang adalah dengan cara menyiapkan sekitar 7 helai daun kumis kucing dan juga akar kumis kucing. Lalu potong akar menjadi 2 bagian dan rebus kedalam segelas air. Diamkan semalam dan minum air rebusan. 
  6. Untuk mengobati nyeri nyeri buang air seni adalah dengan mengeringkan daun kumis kucing dibawah sinar matahari sekitar satu genggam, sehingga seperti teh, lalu seduh dengan menambahkan gula aren. 
  7. Untuk mengobati demam adalah dengan cara merebus akar kumis kucing sebanyak 100 gram dengan 2.000 ml air sampai mendidih, setelah mendidih biarkan sampai hangat lalu disaring. Air rebusan diminum satu gelas setiap hari. 
  8. Untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan cara menyediakan daun kumis kucing yang basah dan yang kering sebanyak 50 gram. Daun kumis kucing yang kering dibersihkan lalu direbus dengan air secukupnya. Daun kumis kucing yang segar langsung diseduh dengan air panas. Setelah disaring, air hasil saringan diminum secara teratur satu gelas setiap hari. 

semoga artikel ini bermanfaat 

"diambil dari beberapa sumber di internet" 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL-QOWAIDUL KHAMSAH

SUMBER HUKUM ISLAM YANG MUTTAFAQ DAN MUKHTALAF

JINAYAH DAN HIKMAHNYA