Fakta Tentang Buang Air Besar



Fakta tentang Buang Air Besar

1.     Menahan buang air besar dapat mengakibatkan penyakit kanker usus.
2.    Buang air besar dengan posisi jongkok dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.
3.    Menggunakan alas kaki ketika buang air besar atau kecil dapat menghindari penyakit otak lemah (pikun), ini menurut penelitian di Amerika karea di dalam kamar mandi/WC ada sejenis virus dengan type Americanus yang masuk lewat telapak kaki orang yang ada di WC tersebut. Dengan proses waktu yang panjang virus tersebut naik ke atas tubuh dan ke kepala merusak jaringan otak.
4.    Kurang  makan makanan berserat dan kurang banyak minum akan membuat susah buang air besar.
Fakta tentang Buang Air Kecil

1.     Nabi Muhammad SAW selalu buang air kecil dengan jongkok, sebagaimana Aisyah r.a. berkata:
 Barangsiapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam buang air kecil sambil berdiri, maka janganlah kalian percaya. Beliau tidak pernah buang air kecil kecuali sambil duduk.” (HR. at-Tirmidzi).
“Sambil Duduk,” maksudnya yaitu dengan jongkok. Jongkoknya nabi ketika buang air kecil ini, tidak terlepas dari kondisi zaman itu dan dari pakaian yang beliau pakai. Pada zaman nabi, WC terletak di dalam tanah yang ditutup dengan besi berlubang.
2.    Banyak orang yang nantinya di siksa didalam kubur hanya karena masalah buang air kecil, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing maka bersihkanlah dirimu dari (percikan dan bekas) kencing. (HR. Al Bazzaar dan Ath-Thahawi)

3.    Menahan buang air kecil mengakibatkan air kencing yang terdapat di kandung kemih akan naik keatas kembali menuju ginjal. Bakteri yang masuk keginjal akan mengakibatkan infeksi bahkan gagal ginjal.
4.    Menahan buang air kecil dapat mengakibatkan kandung kemih rusak.
5.    Buang air kecil dengan berdiri akan menyebabkan penyakit kencing batu dan lemah syahwat.

Komentar